Macam Macam Leukemia

Leukemia adalah penyakit neoplastik dari jaringan hemotopoietik dengan kebanyak proliferasi abnormal dari sel darah putih (leukosit). Proliferasi sel leukemik tak terkendali menyebabkan supresi sekunder komponen darah lainnya dan menyebabkan anemia serta trombositopenia. Kurangnya sel darah putih akan meningkatkan risiko infeksi, tromboitopenia meningkatkan risiko perdarahan dan anemia juga merupakan ciri leukemia. Penyebab meliputi radiasi terionisasi, kemoterapi sebelumnya, retrovirus, anomali kimia dan genetik ( mislaanya sindrom Doen). Klasifikasi berdasarkan jenis sel (limfositik atau mielositik) dan perjalanan penyakit (akut atau kronik). Leukemia kronik dapat memasuki ‘krisis ledakan” atau fase akut.

Klasifikasi leukemia biasanya didasarkan yakni pada perjalanan dan lamanya penyakit dan jenis sel dan jaringan abnormal yang terkait. Perjalanan penyakit telah disubklasifikasikan menjadi akut dan kronis.

– Leukemia akut dihubungkan dengan proses yang cepat terjadi pada peningkatan jumlah leukosit yang kemudian menimbulkan gejala seperti anemia, trombositopenia berat, demam tinggi, lesi infektif pada mulut dan tenggorok, perdarahan dalam area vital, akumulasi leukosit dalam organ vital dan infeksi berat. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan beberapa derajat anemia dan trombositopenia.

– Leukemia menahun merupakan 35-50 % dari semua kasus leukemia. Proses dari penyakit ini berjalan secara bertahap dan leukosit yang lebih matang. Penyakit ini paling banyak mengenai orang dewasa dan lansia. Perjalanan penyakit berlangsung lebih lambat daripada leukemia akut. Analisis laboratorium biasanya menunjukkan sel leukemik yang teridentifikasi baik yang dapat diklasifikasikan sebagai limfositik atau granulositik.

– Leukemia selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan tipe jaringan dan sel abnormal yang terlibat. Tiga kategori besar berdasarkan asal jaringan adalah :

a. Mieloid yang mencakup granulosit (neurofil, eosinofil atau basofil)
b. Monosit
c. Limfositik


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Leukemia and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *